Adsterra

OpenGL Basic #part4 Triangle strip, mudah belajar openGL

D. Triangle Strip

     pada dasarnya triangle strip digunakan untuk menggambar serangkaian segitiga terhubung. karena segitiganya terhubung kita tidak perlu berulang kali menentukan semua tiga titik simpul (vertex).

perhatikan gambar berikut ini :

untuk membuat segitiga yang diatas kita hanya perlu menentukan 7 simpul titik (vertex) saja untuk menggambarnya.
              * simpul v1,v2,v3 menarik simpul segitiga pertama.
              *  simpul v2,v3,v4 menarik simpul  segitiga ke dua.
              * simpul v3,v4,v5 menarik simpul segitiga ke tiga.
              * simpul v4,v6,v5 menarik simpul segitiga ke empat dan seterusnya.

perhatikan gambar berikut ini.

kali ini kita akan coba menerapkan koding angka-angka tersebut pada sourcode dibawah ini :
sebelum melakukan semua itu perhatikan langkah2 berikut ini :
             *  buka code block kemudian  pilih file.... pilih projek dan pilih openGL GLUT
             *  pastikan seting dlu codeblocknya.. caranya lihat disini.
             *  hapus kode default yang ada
             * ganti kode yang dihapus dengan kode berikut ini :



#include <GL/glut.h>
void Tampilan (void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
//Gambar segitiga sama sisi berwarna biru
glColor3f(0,0,1);
glBegin(GL_TRIANGLE_STRIP);
glVertex2f(-0.25, -0.25);
glVertex2f(0.0, 0.25);
glVertex2f(0.25, -0.25);
glVertex2f(0.5, 0.25);
glVertex2f(0.75, -0.25);
glVertex2f(1.0, 0.25);
glEnd();
glFlush();
glutSwapBuffers();
}
int main(int argc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);
glutInitWindowPosition(400,100);
glutInitWindowSize(500,300);
glutCreateWindow("Gambar 2");
glutDisplayFunc(Tampilan);
glutMainLoop();
}




dan berikut ini adalah hasil dari kode diatas :



yang perlu diperhatikan adalah kode gambar berikut ini :

glBegin(GL_TRIANGLE_STRIP);
glVertex2f(-0.25, -0.25);
glVertex2f(0.0, 0.25);
glVertex2f(0.25, -0.25);
glVertex2f(0.5, 0.25);
glVertex2f(0.75, -0.25);
glVertex2f(1.0, 0.25);
glEnd();

disini adalah titik-titik yang ditentukan dalam gambar tersebut. demikian semoga bermanfaat





Dasar OpenGL

Baca juga Dasar Dari OpenGL dibawah ini jika kalian ingin menekuninya.

 

Contoh Projek 3D lainnya.


Baca Juga Projek OpenGL dengan C++ Lainnya  dibawah ini :

 Contoh Projek 2D openGL

Baca juga Animasi 2D untuk projek openGL lainnya dibawah ini

0 Response to "OpenGL Basic #part4 Triangle strip, mudah belajar openGL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel