Adsterra

OpenGL#part2 GL_LINES menggambar garis pada openGL


A. GL_LINES

       pada dasarnya GL_LINES digunakan untuk menghubungkan antar titik menjadi sebuah garis.
garis dibuat dengan menentukan dua end point atau posisi titik awal dan akhir dari suatu garis yang kemudian peralatan output membuat garis sesuai posisi titik-titik tersebut.

contoh kita akan membuat gambar seperti garis berikut ini :



untuk sourcodenya dapat dilihat dibawah ini untuk mencobanya.
adapun cara untuk menggunakannya adalah :

1. buka codeblock ,kemudian pilih file > new projek > pilih Glut
2. hapus kode default bawaan codeblock
3. copy program dibawah ini kedalam projekmu.


#include <GL/glut.h>
#include <math.h>
void display(void)
{
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,0.0);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glEnd ();
glFlush();
}

int main(int argc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutCreateWindow("GARIS");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}


perhatikan kode berikut ini :

glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,0.0);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glEnd ();

kode tersebut adalah kode untuk menggambar sebuah garis. dalam openGL untuk menggambar itu selalu diawali dengan kata glBegin kemudian diakhiri dengan glEnd. dan ditengah-tengahnya adalah kode yang digunakan untuk menggambar garis tersebut.


demikian sedikit pengetahuan dari saya. semoga bermanfaat. selanjutnya saya akan bahan primitif yang lainnya dalam openGL.

Dasar OpenGL

Baca juga Dasar Dari OpenGL dibawah ini jika kalian ingin menekuninya.

 

Contoh Projek 3D lainnya.


Baca Juga Projek OpenGL dengan C++ Lainnya  dibawah ini :

 Contoh Projek 2D openGL

Baca juga Animasi 2D untuk projek openGL lainnya dibawah ini

0 Response to "OpenGL#part2 GL_LINES menggambar garis pada openGL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel