Adsterra

openGL #part6 LINE_STRIP belajar mudah openGL codeblock

F. LINE_STRIP


         line strip pada dasarnya adalah untuk menggambar suatu garis yang menyambung dengan setiap titik ujung garis menyambung membentuk garis selanjutnya kemudian titik lainnya menyambung lagi  garis di ujungnya. ini biasanya digunakan untuk menggambar animasi game berupa rumput.

image lines
(https://iubatians.blogspot.co.id)

Perhatikan gambar diatas. LINE_STRIP akan menghasilkan garis saling terhubung ujungnya.

Untuk menerapkan penerapannya seperti apa dikoding berikut ini adalah contoh untuk penerapannya:
           * seting codeblock dengan library openGL
           * buka codeblock > pilih file > new projek > pilih opengl GLUT
           * hapus kode default bawaan codeblock
           * ganti dengan koding berikut ini :
   

#include <GL/glut.h>

void display()
{
    glClear( GL_COLOR_BUFFER_BIT );

    glMatrixMode( GL_PROJECTION );
    glLoadIdentity();
    glOrtho( -6, 6, -6, 6, -1, 1);

    glMatrixMode( GL_MODELVIEW );
    glLoadIdentity();

    glColor3f( 0, 0, 1 );
    glBegin(GL_LINE_STRIP);
    glVertex2f(-4.00, 0.00);
    glVertex2f(-3.00, 2.00);
    glVertex2f(-2.00, 0.00);
    glVertex2f(-1.00, 2.00);
    glVertex2f(0.0, 0.00);
    glVertex2f(1.00, 2.00);
    glVertex2f(2.00, 0.00);
    glVertex2f(3.00, 2.00);
    glVertex2f(4.00, 0.00);
    glEnd();

    glutSwapBuffers();
}

int main( int argc, char **argv )
{
    glutInit( &argc, argv );
    glutInitDisplayMode( GLUT_RGBA | GLUT_DOUBLE );
    glutInitWindowSize( 400, 400 );
    glutCreateWindow( "GL lines" );
    glutDisplayFunc( display );
    glutMainLoop();
    return 0;
}




jika hasil koding tersebut di compile maka akan menghasilkan keluaran layar seperti ini.



perhatikan kode berikut ini :

 glBegin(GL_LINE_STRIP);
    glVertex2f(-4.00, 0.00);
    glVertex2f(-3.00, 2.00);
    glVertex2f(-2.00, 0.00);
    glVertex2f(-1.00, 2.00);
    glVertex2f(0.0, 0.00);
    glVertex2f(1.00, 2.00);
    glVertex2f(2.00, 0.00);
    glVertex2f(3.00, 2.00);
    glVertex2f(4.00, 0.00);
    glEnd();

kode diatas adalah kode dimana setiap garis ditentukan titiknya. untuk menentukan titiknya dapat dilihat pada gambar bergaris-garis diatas caranya.

demikian semoga bermanfaat dan berguna bagi teman-teman yang lagi belajar openGL.

Daftar pustaka
  1. https://iubatians.blogspot.co.id/2015/06/c-opengl-05-draw-lines-strip.html
  2. https://stackoverflow.com/questions/17554669/how-to-draw-connected-strip-lines-in-opengl-like-this




                          

Dasar OpenGL

Baca juga Dasar Dari OpenGL dibawah ini jika kalian ingin menekuninya.

 

Contoh Projek 3D lainnya.


Baca Juga Projek OpenGL dengan C++ Lainnya  dibawah ini :

 Contoh Projek 2D openGL

Baca juga Animasi 2D untuk projek openGL lainnya dibawah ini

0 Response to "openGL #part6 LINE_STRIP belajar mudah openGL codeblock"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel