OpenGL Tutorial - Apa Itu OpenGL?
OpenGL (Open Graphics Library) adalah API standar industri cross-platform, dengan akselerasi perangkat keras, bahasa independen untuk memproduksi grafik 3D (termasuk 2D). Komputer modern telah mendedikasikan GPU (Graphics Processing Unit) dengan memorinya sendiri untuk mempercepat rendering grafis. OpenGL adalah antarmuka perangkat lunak untuk perangkat keras grafis. Dengan kata lain, perintah render grafis OpenGL yang dikeluarkan oleh aplikasi Anda dapat diarahkan ke perangkat keras grafis dan dipercepat.
saya menggunakan 3 set pustaka dalam program OpenGL:
- Core OpenGL (GL) : terdiri dari ratusan perintah, yang dimulai dengan awalan "gl" (e.g., glColor, glVertex, glTranslate, glRotate). The Core OpenGL models an object via a set of geometric primitives such as point, line and polygon.
- OpenGL Utility Library (GLU) : dibangun di atas OpenGL inti untuk menyediakan utilitas penting (seperti pengaturan pandangan kamera dan proyeksi) dan lebih banyak model bangunan (seperti permukaan qradric dan tingellation polygon). Perintah GLU dimulai dengan awalan " glu" (misalnya gluLookAt,, gluPerspective).
- OpenGL Utilities Toolkit (GLUT) : OpenGL dirancang untuk tidak bergantung pada sistem windowing atau sistem operasi. GLUT diperlukan untuk berinteraksi dengan Sistem Operasi (seperti membuat jendela, menangani input kunci dan mouse); itu juga menyediakan lebih banyak model bangunan (seperti bola dan torus). Perintah GLUT dimulai dengan awalan " glut" (misalnya glutCreatewindow,, glutMouseFunc). GLUT adalah platform independen, yang dibangun di atas ekstensi OpenGL platform-spesifik seperti GLX untuk X Window System, WGL untuk Microsoft Window, dan AGL, CGL atau Cocoa untuk Mac OS. Mengutip dari opengl.org: "GLUT dirancang untuk membangun program OpenGL kecil hingga menengah. Sementara GLUT sangat cocok untuk belajar OpenGL dan mengembangkan aplikasi OpenGL sederhana, GLUT bukan toolkit berfitur lengkap sehingga aplikasi besar yang membutuhkan antarmuka pengguna yang canggih lebih baik menggunakan jendela asli alat sistem. GLUT sederhana, mudah, dan kecil. " Alternatif GLUT termasuk SDL, ....
- OpenGL Perpanjangan Wrangler Library (GLEW) : "GLEW adalah cross-platform open-source C / C ++ ekstensi pemuatan perpustakaan. GLEW menyediakan mekanisme run-time yang efisien untuk menentukan ekstensi OpenGL yang didukung pada platform target." Sumber dan pra-bangun biner tersedia di http://glew.sourceforge.net/ . Sebuah utilitas mandiri yang disebut " glewinfo.exe" (di bawah bindirektori " ") dapat digunakan untuk menghasilkan daftar fungsi OpenGL yang didukung oleh sistem grafik Anda. Lainnya.
Baca juga kumpulan artikel berikutnya
- apa itu openGL?
- vertex primitive dan collor.
- a
0 Response to "OpenGL Tutorial - Apa Itu OpenGL?"
Post a Comment