Adsterra

Cara Membuat Name Tag/ID Card

Salam sobat desain kali saya akan berbagi sedikit mengenai pembuatan Name Tag/ ID card menggunak aplikasi Adobe Photoshop
Sebelumnya saya jelasin dulu perbedaan kartu nama dan id card ya kartu nama dengan ID card
Ya� walaupun pada dasarnya kartu nama dengan ID card itu memiliki fungsi yang sama yakni sebagai kartu tanda pengenal, namun pada prakteknya kita bisa membedakan mana ID card dan mana kartu nama.

Kartu nama biasanya dibuat dalam jumlah banyak dan dibagikan kepada kenalan baru kita untuk mempermudah menjalin komunikasi dengan kita dikesempatan yang akan datang. Kartu nama biasanya berisi nama, alamat dan kontak.

ID card adalah tanda pengenal yang hanya dibuat satu dan tidak untuk dibagi-bagikan kepada rekan bisnis kita. KTP adalah salah satu ID card yang diterbitkan pemerintah untuk identitas penduduknya.

Selain KTP, ID card juga biasanya dimiliki para karyawan sebuah perusahaan sebagai identitas mereka dalam perusahaan tersebut. Juga sering dipake oleh para panitia acara hari besar. ID card semacam ini, biasanya dipasang dibaju atau di kalungkan.

Nah, dari penjelasan singkat ini, tentunya sobat bisa memahami apa perbedaan antara kartu nama dengan ID card. Untuk tahap selanjutnya, mari kita mulai membuat ID card dengan menggunakan photoshop.
Selanjutnya bagaimana sih cara pembuatan ID Card / Name Tag nya tampa basa basi lagi langsung saja sobat praktekkan langsung di photoshop sobat setelah membaca artiker ini mudah-mudahan sobat paham hehehheheh

Cara membuat ID card/Name tag  dengan menggunakan Photoshop
Langkah Pertama
1. Buka photoshop sobat dan buatlah lembar kerja baru dengan cara klik Ctrl+N kemudian sobat atur ukurannta sbb:  untuk ukuran Standar ID card banyak banget ya sobat, kalo dari standar yang di tetapkan di internasional yang di atur oleh International Organization for standard bahwa kartu nama untuk di cetak memiliki ukurannya tersendiri.
nah untuk ukurannya kalian bisa lihat macam � macam ukurannya di bawah ini.
1.    B1 dengan ukuran Id Card 102 x 65 mm
2.    B2 dengan ukuran Id Card 126 x 79 mm
3.    B3 dengan ukuran Id Card 126 x 99 mm
4.    B4 dengan ukuran Id Card 155 x 106 mm
5.    A1 dengan ukuran Id Card 100 x 68 mm ( Landscape )
6.    A2  dengan ukuran Id Card 106 x 82 mm ( Landscape )

2. Buatlah gambar persegi panjang warna biru dengan menggunakan rectangle tool (U). *warnanya bisa sobat sesuaikan dengan selera sobat.

3. Masukkan logo sobat di area persegi panjang yang tadi sobat buat. Jika sobat belum memiliki logo yang akan dimasukan kedalam ID card, silahkan sobat bisa membuatnya terlebih dahulu

4. Masukan photo sobat kemudian sleksi dengan menggunakan elliptical marque tool (M). Kemudian klik Shift+Ctrl+I untuk membalikan area sleksi. Dan selanjutnya klik delete pada keyboard untuk menghapus area yang tidak terpakai.

5. Untuk tahap selanjutnya, silahkan sobat tinggal tambahkan nama, jabatan, dan contak dengan menggunkan horizontal type tool (T). Sebagai sobtoh sobat bisa lihat seperti gambar di bawah ini.

Sampai disini sobat sudah sukses mendesain ID card sobat sendiri. Silahkan tambahkan beberapa hiasan jika memang diperlukan. Pastikan juga semua tulisan mengenai sobat sudah benar. Jika dirasa sudah cukup, baru kita menuju pada tahap berikutnya.

6. Klik Ctrl+S untuk menyimpan file ID card dalam format *psd. Silahkan sobat tentukan tempat penyimpanan seperti menyimpan file pada umumnya.

7. Klik kanan layer background kemudian pilih platen image hal ini dilakukan supaya file yang akan di print tidak terlalu besar. Dan pastinya setelah proses platen image ini sobat sudah tidak bisa lagi mengeditnya.

8. Tahap terakhir, silahkan klik Ctrl+Alt+S kemudian ganti save as type menjadi format photoshop PDF.

Setelah disimpan, silahkan sobat bisa langsung mencetak ID card yang sudah sobat buat tadi. Untuk pelastik ID card silahkan sobat beli sendiri yah di took ATK atau di Copy center. Sekarang jika sobat membutuhkan ID card panitia untuk acara hari besar, sobat sudah bisa buat sendiri. Selamat mempraktekan. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Cara Membuat Name Tag/ID Card"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel