Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Ganjil Tingkat SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018.
Selamat datang para peserta didik, pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Ganjil Tingkat SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Materi bahasa Inggris kelas 9 tingkat SMP/MTs ini adalah materi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 yang dilengkapi contoh soal latihan, soal penilaian harian, dan lain sebagainya.
Tujuannya untuk memudahkan peserta didik dalam mencari materi bahasa Inggris. Selain itu juga, bisa dipelajari dulu di rumah sebelum diajarkan oleh guru.
Adapun Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Ganjil Tingkat SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tahun Pelajaran 2020/2021:
First semester
- Chapter I: Congratulation!
- Chapter II: Let's live a healthy life!
- Chapter III: Be healthy, be happy
- Chapter IV: This is how you do it
- Chapter V: Everybody is always in the middle of something
- Chapter VI: We have been to an orphan home. We went there last sunday.
Berikut Penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Ganjil SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021:
First Semester
a. Kompetensi Dasar :
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Bab ini memuat materi pokok teks lisan dan tulis untuk menyatakan (a) harapan, (b) doa dan (c) ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya. Kemampuan ini dapat meningkatkan kecerdasan sosial peserta didik, terutama menunjukkan perhatian pada kerja keras dan prestasi.
c. Contoh Materi:
- Chapter 2 Let�s live a healthy Life!
a. Kompetensi Dasar :
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to, so that dan ungkapan persetujuan.)
4.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
b. Materi Pokok :
Bab ini memuat materi pokok teks lisan dan tulis untuk mengucapkan (a) maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan dan (b) setuju dan tidak setuju, serta responsnya. Kemampuan ini dapat meningkatkan kecerdasan sosial peserta didik, terutama menyadari bahwa setiap tindakan harus memiliki tujuan, dan ketika mengatakannya kepada orang lain mungkin akan ditanggapi dengan pernyataan setuju atau tidak setuju.
c. Contoh Materi:
Pengertian dan Contoh Kalimat Agree and Disagree
- Chapter 3 Be healthy, be happy.
a. Kompetensi Dasar :
3.3 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk label pendek dan sederhana, terkait obat/makanan/minuman.
b. Materi Pokok :
Bab ini memuat materi pokok label obat/makanan/minuman. Label obat/ makanan/minuman adalah teks yang tertera pada bungkus/kemasan produk yang memuat deskripsi rinci tentang produk maupun cara menggunakannya.
Kemampuan memahami label dapat meningkatkan kecerdasan peserta didik dalam menentukan produk yang akan dibeli atau digunakan, dan jika telah memilih, peserta didik mampu menggunakan produk tersebut secara tepat sehingga mendapatkan manfaat sebaik-baiknya dari produk serta dapat menghindari hal-hal yang tidak baik dan tidak aman ketika menggunakannya.
c. Contoh Materi:
3.3 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk label pendek dan sederhana, terkait obat/makanan/minuman.
b. Materi Pokok :
Bab ini memuat materi pokok label obat/makanan/minuman. Label obat/ makanan/minuman adalah teks yang tertera pada bungkus/kemasan produk yang memuat deskripsi rinci tentang produk maupun cara menggunakannya.
Kemampuan memahami label dapat meningkatkan kecerdasan peserta didik dalam menentukan produk yang akan dibeli atau digunakan, dan jika telah memilih, peserta didik mampu menggunakan produk tersebut secara tepat sehingga mendapatkan manfaat sebaik-baiknya dari produk serta dapat menghindari hal-hal yang tidak baik dan tidak aman ketika menggunakannya.
c. Contoh Materi:
- Chapter 4 This is how you do it!
a. Kompetensi Dasar :
3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam bentuk resep dan manual.
b. Materi Pokok :
Bab ini memuat materi pokok teks prosedural berbentuk resep dan manual, pendek dan sederhana. Kemampuan memahami resep dan manual dalam bahasa Inggris memungkinkan peserta didik menunjukkan tanggung- jawabnya sebagai remaja terpelajar yang semakin dapat diandalkan keluarga dan masyarakat.
c. Contoh Materi:
3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam bentuk resep dan manual.
b. Materi Pokok :
Bab ini memuat materi pokok teks prosedural berbentuk resep dan manual, pendek dan sederhana. Kemampuan memahami resep dan manual dalam bahasa Inggris memungkinkan peserta didik menunjukkan tanggung- jawabnya sebagai remaja terpelajar yang semakin dapat diandalkan keluarga dan masyarakat.
c. Contoh Materi:
- Chapter 5 Everybody is always in the middle of something.
a. Kompetensi Dasar :
3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present continuous, past continuous, will+continuous).
4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
b. Materi Pokok :
Dalam bab ini peserta didik belajar menyatakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang terjadi pada tiga waktu yang berbeda: saat ini pada saat diucapkan, pada waktu lampau dan pada waktu yang akan datang ketika dilaksanakannya atau terjadinya tindakan/kegiatan/kejadian lain.
Tata bahasa tersebut tidak akan dipelajari sebagai aturan atau teori, tetapi diterapkan dalam bentuk kalimat-kalimat yang bermakna dan relevan dengan kahidupan peserta didik. Pada akhir bab ini, ketiganya perlu dipaparkan secara bersamaan agar terlihat perbedaannya.
c. Contoh Materi:
3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present continuous, past continuous, will+continuous).
4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
b. Materi Pokok :
Dalam bab ini peserta didik belajar menyatakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang terjadi pada tiga waktu yang berbeda: saat ini pada saat diucapkan, pada waktu lampau dan pada waktu yang akan datang ketika dilaksanakannya atau terjadinya tindakan/kegiatan/kejadian lain.
Tata bahasa tersebut tidak akan dipelajari sebagai aturan atau teori, tetapi diterapkan dalam bentuk kalimat-kalimat yang bermakna dan relevan dengan kahidupan peserta didik. Pada akhir bab ini, ketiganya perlu dipaparkan secara bersamaan agar terlihat perbedaannya.
c. Contoh Materi:
- Chapter 6 We have been to an orphan home, We went there last Sunday
a. Kompetensi Dasar :
3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/ telah dilakukan/terjadi di waktu lampau dikaitkan dengan keadaan sekarang, tanpa menyebutkan waktu terjadinya secara spesi?k, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present perfect tense).
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau dikaitkan dengan keadaan sekarang, tanpa menyebutkan waktu terjadinya secara spesi?k, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
b. Materi Pokok :
Dalam bab ini peserta didik belajar menyatakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang telah atau belum terjadi, tanpa dikaitkan dengan waktu terjadinya. Tujuan tersebut dicapai dengan menggunakan kata kerja dalam bentuk present perfect tense.
Tata bahasa tersebut tidak akan dipelajari sebagai aturan atau teori, tetapi diterapkan dalam bentuk kalimat-kalimat yang bermakna dan relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik.
c. Contoh Materi:
Untuk lebih jelasnya, silahkan download:
BUKU GURU BAHASA INGGRIS KELAS 9 REVISI 2018
Selain itu, kami berbagi Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021.
Berikut gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021:
Berikut gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021:
A. BUKU KERJA GURU 1
- SKL, KI dan KD
- Silabus
- RPP
- KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
- Kode Etik Guru
- Ikrar Guru
- Tata Tertib Guru
- Pembiasaan Guru
- Kalender Pendidikan
- Analisis Alokasi Waktu
- Program Tahunan
- Program Semester
- Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
- Daftar Hadir Siswa
- Daftar Nilai Siswa
- Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
- Analisis Hasil Penilaian
- Program Remidial dan Pengayaan
- Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
- Jadwal Mengajar Guru
- Daya Serap Siswa
- Kumpulan Kisi-Kisi Soal
- Kumpulan Soal
- Analisis Butir Soal
- Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
- Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
- Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Download juga:
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 6 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 5 Semester 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 5 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 4 Semester 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 4 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Semester 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 2 Semester 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 2 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 1 Semester 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 1 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
Demikian, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
0 Response to "Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Ganjil Tingkat SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018."
Post a Comment